Study Tour ke Erdamah





Study tour ke ERDAMAH

 
Hari ini adalah hari istimewa buat ku, karena di hari ini aku akan melakukan study tour ke sebuah PT Radio Erdamah 107,7 Fm. Di sana kami akan belajar bagaimana cara mengelola per-radio-an. Dag dig dug rasanya jantungku bergetar, karena ini adalah pengalaman pertama.

Waktu begitu cepat berjalan, peralatan yang akan kami bawa pun sudah dipersiapkan. Semua santri memegang pertanyaan yang nanti akan kami tanyakan di sana. Kami terbagi kedalam dua rombongan. Rombongan santri putra dipimpin oleh Pak Tohirin dan rombongan santri putri dipimpin oleh Mbak Kristin. Jam 08.25 kurang kami sudah siap, tinggal menunggu mobil untuk rombongan santri putri. Agak lama kami menunggunya, ternyata ban mobilnya kempes. Ya jadi harus diganti dulu deh.

Setelah selesai kami langsung meluncur ke TKP. Sekitar jam 09.00 Wib. Kami sampai di TKP. Kami langsung disambut oleh Mas Iwan, kemudian kami diajak ke sebuah ruangan sederhana, ternyata itu adalah tempat Mas Iwan cs on air. Dan di situ pula Mas Iwan menjelaskan tentang ke-radio-an. Setelah dirasa cukup, mas Iwan mempersilahkan kami untuk bertanya. Kami pun langsung membuka catatan-catatan kecil kami yang memang dari kemarin-kemarin dah dipersiapkan. Para santri satu persatu melontarkan pertanyaannya dan mas iwan pun menjawab pertanyaan-pertanyaan kami dengan senyumnya yang ramah.

Satu jam labih telah berlalu, kami hanya dapet waktu sampai jam 10.30, karena mas Iwan ada jadwal lain yang telah menunggu. Sekitar 20 menit sebelum jam 10.30, mas Iwan mempersilahkan kami untuk mencoba menjadi penyiar radio (sekedar opening). Uj yang menjadi pencoba pertama. Dengan suara yang pas-pasan Uj memberanikan diri untuk mencoba. Kurang lebihnya begini opening-nya;

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Selamat pagi sobat muslim semua. Bagaimana kabarnya pagi ini. semoga baik-baik saja. Sobat muslim jumpa kembali dengan Ujang Suhendar, di edisi siar, minggu 22 Januari 2012 bertepatan dengan 27 Shafar 1433 H. 60 menit ke depan, Ujang akan menemani sobat muslim semua. Dalam acara “gue remaja muslim” di radio kesayangan anda KC fm 107,9 fm. “We can cause together”.
Selamat mendengarkan.

Nah sobat, kurang lebih opening-nya kaya gitu. Mas iwan ngsih point-point untuk opening ini, yaitu;

1.      Salam
2.      Nama penyiar
3.      Edisi siar
4.      Durasi acara
5.      Nama acara
6.      Nama radio

Setelah Uj selesai, pencoba berikutnya adalah Mbak Zainab, kemudian disusul Mbak Ria dan Mas Akhsan. Tanggapan Mas Iwan “Cukup bagus, terutama Mbak Ria. Tiggal dikembanngkan saja”. “Jangan lupa sering berlatih di kamar, jika ingin jadi penyiar radio. Tidak ada yang langsung bisa, semuanya perlu proses”.

Kalau ngomong-ngomong reporter Uj jadi inget  adeknya Uj, yang cita-citanya jadi reporter juga (idolanya Putra Nababan). Andai adek Uj bisa ikut juga. Tapi yah sudah lah….

Setelah selesai, Pak Tohirin meminta izin pada Mas Iwan untuk liat-liat sekitar. Dengan ramah Mas Iwan mengizinkan, kemudian Pak Tohirin memberikan tugas pada kami “Carilah 2 point yang positif yang kalian temukan disini”. Kami pun menyebar, saya sendiri menemukan 2 point yang saya anggap positif, yaitu;

a.      Di setiap ruangan terdapat tempelan tulisan, gambar dll dengan bermacam bahan.  Yang menurut saya itu sangat kreatif.
b.      Di depan gerbang terdapat tulisan “Kawasan bebas asap rokok” ini menunjukan kalau di tempat ini tidak ada peroko.

Setelah semuanya cukup. Kami pun pulang dengan membawa pengetahuan baru. Tentang banyak hal.

Terimakasih untuk semuanya.


salam
Previous
Next Post »

Pengunjung yang baik meninggalkan jejak yang baik pula :) ConversionConversion EmoticonEmoticon